www.ariefnetwork.comblog.ariefnetwork.com

Badan Penjaminan Mutu (BPM)                   Universitas Bhayangkara Surabaya

Excellent, Competitive and Ethical

Halaman: Struktur | Badan Penjaminan Mutu (BPM)                   Universitas Bhayangkara Surabaya

Struktur

Struktur

Untuk mencapai keberhasilan misi tersebut, BPM UBHARA mengembangkan struktur organisasi yang terdiri dari Kepala, Sekretaris, Kepala Bagian (Kabag) dan Gugus Kendali Mutu (GKM).

 

 

Sesuai struktur organisasi BPM UBHARA menetapkan tugas pokok dan fungsi masing-masing personil sebagai berikut:

 Tugas Pokok BPM

  1. Merencanakan dan merancang model sistem penjaminan mutu di tingkat Universitas.
  2. Menyiapkan dan menyusun perangkat dan dokumen sistem mutu yang akan diimplementasikan di Ubhara.
  3. Melakukan monitoring terhadap implementasi sistem penjaminan mutu di Ubhara.
  4. Melakukan benchmarking, pelatihan, lokakarya, konsultasi, tutorial, pendampingan dan kerjasama dalam bidang Sistem Penjaminan Mutu.
  5. Melakukan evaluasi kepuasan stakeholder terhadap mutu Ubhara
  6. Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi/ Audit Mutu Internal (AMI) implementasi Sistem Penjaminan Mutu dan pencapaian Sasaran Mutu dan Rencana Mutu secara periodik bersama Gugus Kendali Mutu (GKM).
  7. Melakukan koordinasi lanjutan sebagai forum evaluasi dan tindak lanjut terhadap hasil AMI dan implementasi sistem penjaminan mutu
  8. Memberikan laporan kepada Rektor Ubhara tentang hasil AMI dan implementasi sistem penjaminan mutu Ubhara melalui RTM

 

Kepala BPM

  1. Merencanakan kegiatan tahunan penjaminan mutu.
  2. Mengkoordinasikan semua kegiatan penjaminan mutu.
  3. Kengkoordinir penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan (PPEPP) standart mutu Ubhara.
  4. Melaporkan hasil kegiatan BPM kepada Rektor.

 

Sekretaris BPM

  1. Membantu kepala BPM sebagai wakil manajemen (management representative). dalam koordinasi, perencanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan sesuai mandat berikut anggarannya.
  2. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan surat-menyurat yang berkaitan dengan BPM dan mengarsipkannya.
  3. Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan kaji ulang. manajemen (management review), rapat rutin, rapat koordinasi, pengelolaan umpan balik, dan rapat evaluasi kegiatan.
  4. Bertanggung jawab atas penyusunan konsep laporan kegiatan rutin dan insidental di BPM.
  5. Bertanggung jawab atas pemuktakhiran dan review profil BPM berbasis teknologi informasi.
  6. Bertanggung jawab kepada kepala BPM.
  7. Merencanakan pengembangan mutu SDM internal BPM dan SDM eksternal yang terkait dengan SPM.
  8. Menjadwalkan seluruh kegiatan BPM.
  9. Menyusun Laporan kegiatan BPM.
  10. Mendokumentasikan setiap kegiatan dan laporan kegiatan BPM.

 

Kabag Monitoring dan Evaluasi/ Audit SPMI

  1. Menyusun dan mengembangkan SPMI berikut dokumentasinya di Ubhara.
  2. Mengoordinir pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi SPMI di Ubhara bekerjasama dengan Gugus Kendali Mutu (GKM).
  3. Mengoordinir unit kerja di Ubhara dalam menerapkan standar mutu Ubhara.
  4. Bertanggung jawab kepada kepala BPM.
  5. Menyusun dan mengembangkan sistem AIM bidang akademik berbasis teknologi.
  6. Mengoordinir pelaksanaan, pemantauan, evaluasi hasil audit internal di semua unit kerja, berikut tindak lanjut perbaikan dan dokumentasinya.
  7. Mengoordinir pengembangan sumber daya manusia untuk pelaksanaan AIM.
  8. Merencanakan dan melaksanakan tinjau ulang dan pengembangan pedoman/dokumen mutu
  9. Mengembangkan SIM BPM yang terkait dengan SPMI
  10. Mendokumentasi hasil kegiatan
  11. Merencanakan dan melaksanakan evaluasi mutu internal
  12. Mengkoordinasikan kegiatan audit eksternal dan proses sertifikasi

 

Kabag Program dan Pengembangan Mutu

  1. Mengoordinir pengembangan sistem peringatan dini berbasis teknologi informasi (early warming system) untuk menjamin peningkatan kualifikasi akreditasi.
  2. Mengoordinir pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan sistem pendampingan penyusunan dokumen, serta persiapan visitasi akreditasi/sertifikasi nasional dan internasional.
  3. Mengoordinir pengembangan sumber daya manusia untuk menjamin peningkatan kualifikasi akreditasi/sertifikasi nasional dan internasional.
  4. Memantau kemajuan proses akreditasi melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).
  5. Bertanggung jawab kepada kepala BPM.
  6. Memantau tindak lanjut saran asesor akreditasi/sertifikasi internasional
  7. Melakukan benchmarking akreditasi/sertifikasi internasional kepada badan akreditasi/sertifikasi.
  8. Membantu kepala BPM dalam penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan program, serta pengambangan sistem.
  9. Merencanakan dan melaksanakan evaluasi mutu internal.
  10. Menyusun laporan hasil evaluasi dan analisis proses.
  11. Mendokumentasi hasil kegiatan.
  12. Menyiapkan perangkat dan dokumen sistem penjaminan mutu
  13. Menerapkan sistem penjaminan mutu di Ubhara pada lingkup Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat).
  14. Mengembangkan mekanisme pendampingan dan asistensi kepada program studi untuk proses akreditasi.

 

 

Komentar

Komentar dimatikan
← BERANDA